Syukuri Apa yang Ada..Hidup adalah Anugrah

Kamis, 01 April 2010

Intel Luncurkan Prosesor Xeon 7500

Intel Corporation hari ini meluncurkan prosesor Intel Xeon 7500. Peluncuran dilakukan secara serempak di beberapa negara, termasuk Indonesia, melalui fasilitas telekonferensi.

Sekitar dua pekan lalu, Intel juga meluncurkan prosesor untuk server, Xeon 5600. Dalam waktu kurang dari 90 hari, Intel memperkenalkan semua generasi prosesor terbarunya untuk tahun 2010 ini, baik untuk PC, laptop dan server. Produk-produk anyar tersebut meningkatkan efisiensi energi, kecepatan komputasi dan menyertakan banyak fitur baru.

Intel Xeon 7500 merupakan prosesor server yang memiliki kemampuan menyatukan 4 chip server menjadi satu chip server, namun dengan kinerja yang sama. Kinerja server juga ditingkatkan hingga 3 kali lipat.

Menurut Country Manager Intel Indonesia, Budi Wahyu Jati, efisiensi penggunaan energi dari peralatan komputer menjadi salah satu topik yang dibahas pada konferensi perubahan iklim di Kopenhagen, Swedia, Desember lalu.

Salah satu produk yang menjadi perhatian karena menyedot energi terbesar adalah server, yang dioperasikan selama 24 jam non-stop. Karena itu, vendor-vendor komputer diminta untuk membuat produk dengan teknologi hemat energi. Seperti yang dilakukan Intel melalui prosesor Xeon 7500 ini, yang mampu menangani tugas 9 buah server untuk efisiensi.

"Meski bisa menghandle pekerjaan 9 server, energi yang dibutuhkan tetap sama," katanya.

Prosesor ini dirancang untuk sistem komputasi kritis, alias yang tidak ada toleransi untuk downtime. Seperti di rumah sakit, perbankan atau vendor telekomunikasi.

Xeon 7500 adalah prosesor pertama yang memiliki sistem pemulihan Machine Check Architecture (MCA). Ini adalah fitur yang memungkinkan silikon untuk bekerja dengan sistem operasi dan virtual machine manager untuk melakukan pemulihan dan menghindari kesalahan fatal. Prosesor ini juga menawarkan teknologi Intel QuickPath (QPI).

sumber : http://www.tempointeraktif.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar