Syukuri Apa yang Ada..Hidup adalah Anugrah

Jumat, 26 Februari 2010

Wanita dan Payudara

Ada beberapa remaja putri dan kaum wanita menanyakan kepada saya dengan pertanyaan yang sama mengenai kasus pergetahan pada puting susu mengeluarkan cairan darah dan nanah. Kasus semacam ini sering terjadi. Ini dikarenakan benturan keras pada payudara.

Biasanya saya berikan obat untuk mengeluarkan darah dan nanah sampai bersih, sehingga payudara tidak mengeluarkan darah dan nanah lagi. Pengobatan dilakukan sampai luka dalam menjadi kering dan tidak terasa nyeri lagi.

Seorang ibu menanyakan kehamilan usia lima bulan mengapa putting susu mengeluarkan cairan berwarna kuning bening? Apakah tidak berbahaya? Cairan yang keluar dialami ibu yang sedang mengandung pada usia kehamilan lima bulan biasa terjadi itu dinamakan kolostrum, sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi.

Ada beberapa permasalahan yang berkaitan erat dengan payudara yang perlu diketahui oleh remaja putri dan kaum wanita umumnya. Seorang remaja putri datang pada saya dan menanyakan adanya benjolan kecil-kecil pada kedua payudaranya.

Benjolan ini jika dipegang terasa lunak, terjadinya benjolan ini sangat berkaitan dengan hormon estrogen (hormon sex wanita) ini yang disebut fibrokistik. Hal ini sering terjadi dikarenakan pembengkakan, dapat tumbuh pada payudara di bagian mana saja. Dan penderita tidak merasakan nyeri sedikit pun. Bentuk benjolan keras, perkembangan benjolan lamban (fibroadenoma).

Tanda tanda lain yang perlu kita ketahui dengan terjadinya kelainan pada rabaan tangan kita pada kulit payudara terasa adanya penebalan (ini yang disebut fibrosis).

Biasanya terjadi pada kaum wanita menjelang pramenapause dan wanita yang sering memakai bra dengan jahitan tebal, bra yang memakai kawat. Ada juga benjolan jika dipegang lunak, kenyal, benjolan berupa lemak dapat tumbuh pada bagian tubuh yang lain selain di payudara, hal seperti ini dinamakan lipoma.

Ada lagi kasus adanya benjolan yang terdapat pada payudara, tidak terasa sakit tetapi benjolan ini dapat berpindah tempat jika dipegang dengan tangan, dan jika dibiarkan akan bertambah besar. Jika ada yang menemukan hal-hal seperti tersebut, jangan tunda terlalu lama segera konsultasikan ke dokter.

Biasanya setelah pengangkatan payudara (mastektomi) kemudian menjalani radiasi dan kemoterapi, adakalanya yang mengalami pembengkakan pada lengan sulit untuk digerakkan karena lengan mengeras. Bahkan ada yang mengalami batuk hingga tersedak karena ada timbunan cairan diparu.

Kasus itu dikarenakan adanya pengangkatan payudara berikut otot-otot dinding dada serta kelenjar getah bening, biasanya akan mengalami hal seperti itu karena kelenjar getah bening yang mengering.

Ada cara lain untuk menghindari terjadinya hal-hal tersebut, dengan cara minum ramuan tradisional dan membiasakan diri mengikuti program fisio terapi supaya otot-otot tetap hidup dan tidak terjadi pembengkakan.

Ny ML. Wati, 0817290172.
Jl.Argamas Timur II/49
Perumahan Argamas-Salatiga

sumber ; http://suaramerdeka.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar