Syukuri Apa yang Ada..Hidup adalah Anugrah

Selasa, 23 Februari 2010

Cara untuk meningkatkan pelanggan RSS kamu

Kita telah melihat seberapa besar manfaat dari RSS, baik bagi blogger maupun pembaca. Dengan pemikiran tersebut maka penting untuk mengajak sebanyak mungkin orang agar mau menjadi pelanggan feed anda, sehingga mereka bisa menerima artikel terbaru anda secara otomatis.

Untuk membantu proses tersebut, di bawah ini terdapat 13 cara untuk mendorong pengunjung agar mau berlangganan sekaligus membantu anda mempromosikan semua informasi yang anda miliki:


  1. Promosikan feed anda secara menyolok di blog
    Adalah penting untuk memastikan bahwa logo atau link RSS anda ditempatkan di posisi yang menyolok, yaitu di atas halaman web. Semakin tinggi anda menempatkannya maka semakin banyak perhatian dan klik yang akan anda dapatkan. Ada beberapa blog yang menempatkan feed di bawah halaman, ini adalah kesalahan yang jangan anda lakukan.
  2. Tawarkan pilihan email untuk bisa mendapatkan RSS
    Faktanya sekarang adalah banyak orang yang masih nyaman dengan email dan mereka belum begitu akrab dengan teknologi baru. Jadi berikan saja apa yang mereka mau. Tawarkan pilihan untuk bisa menerima artikel blog anda secara otomatis lewat email (sebenarnya ini juga menggunakan RSS). Feedburner, Feedblitz dan Aweber memiliki sistem yang bisa menolong anda.
  3. Ingatkan mereka setelah membaca artikel
    Mereka telah membaca artikel anda dan mereka menyukai apa yang anda tulis, jadi sekarang adalah waktunya untuk mengingatkan pembaca anda bahwa mereka bisa membaca semua artikel anda secara otomatis dengan cara menambahkan link ke feed anda di tiap artikel. Pastikan mereka tidak akan ketinggalan apapun yang anda tulis.
  4. Tambahkan sign up reminder di email anda
    Banyak dari kita memiliki "signature" di bawah setiap email yang kita kirimkan -- biasanya ini berisi kontak dan ringkasan bisnis anda. Anda bisa meletakkan informasi RSS feed anda ke orang yang anda email. Anda bisa melakukannya dengan menaruh link atau, jika anda menggunakan Feedburner, maka anda bisa menggunakan "headline animator" mereka dan masukkan 5 artikel terbaru anda di judul.
  5. Beritahukan orang lain secara offline
    Dalam bisnis, kita melakukan kontak dengan kustomer potensial melalui presentasi, seminar, pameran, dll. Ini adalah peluang terbaik anda untuk memberitahukan informasi yang anda miliki dan pastikan mereka mudah mendapatkannya.
  6. Buatlah orang mengenal RSS dan manfaatnya
    Seperti yang telah saya sebutkan di atas, masih terdapat banyak orang yang masih belum mengerti apa itu RSS dan kegunaannya bagi mereka. Bantulah mereka untuk mengerti. Berikan sebuah halaman yang memberikan penjelasan rinci tentang apakah RSS itu dan bagaimana cara memakainya agar mereka bisa mendapatkan semua informasi setiap hari.
  7. Feed penuh atau sebagian saja
    Tidak semua feed itu sama. Anda bisa mengirimkan satu artikel penuh atau hanya sebagian saja dalam feed anda. Ada pendapat yang mengatakan bahwa anda bisa mempertahankan pelanggan anda jika anda menawarkan artikel penuh, sementara ada yang menganjurkan untuk memakai sebagian saja agar artikel anda tidak mudah disalin. Kalau saya pribadi lebih memilih mengirimkan artikel penuh!
  8. Berikan kepada mereka insentif jika mau berlangganan
    Anda selalu bisa memberikan sebuah insentif (hadiah, terima kasih, ebook, dll) untuk orang yang sudah mendaftarkan diri. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat link RSS feed anda di bawah artikel dan bawa pelanggan anda ke sebuah halaman di mana mereka bisa men-download hadiahnya.
  9. Gunakan metode pemasaran online lainnya
    Jangan lupa untuk menggunakan metode pemasaran online lain untuk mempromosikan feed anda, seperti lewat email, public relation, SEO, jaringan sosial, atau PPC.
  10. Kirim feed anda ke direktori feed
    Di samping direktori web atau blog, terdapat juga direktori RSS di mana anda bisa mengirim feed anda.
  11. Promosikan feed anda di situs jaringan lain
    Anda bisa berpartisipasi dalam forum di mana orang akan tertarik dengan informasi yang ada dalam feed anda. Pastikan anda memasukkan alamat feed anda di profil, artikel dan kolom komentar yang anda buat.
  12. Dorong orang lain agar mau merekomendasikan feed anda
    Ini bisa dilakukan dengan cara meminta pelanggan anda untuk memberitahukan informasi tentang feed anda ke rekan kerja dan teman-teman mereka. Anda bisa memasukkan pilihan email atau social bookmarking jika dirasa perlu.
  13. Promosikan feed anda di newsletter
    Pastikan anda mempromosikan RSS feed anda di dalam newsletter, sehingga pembaca dapat mengikuti blog anda. Anda bisa mempromosikan newsletter anda lewat artikel blog, didistribusikan secara otomatis lewat feed anda.
sumber : http://www.goblogin.com/

1 komentar: