Syukuri Apa yang Ada..Hidup adalah Anugrah

Jumat, 19 Februari 2010

Cara Membaca Pikiran Melalui Gerakan Mata....


Mata memiliki kebiasaan untuk bergerak sesuai dengan pikiran yang sedang ada di benak anda, dan orang lain dapat mengetahui apa yang sedang anda pikirkan hanya dengan melihat mata anda.

Dapat membaca mata orang lain adalah sebuah kemampuan yang sangat berguna. Anda dapat mengetahui apabila seseorang berbohong, seberapa tertarik seseorang dengan pembicaraan anda, dan pikiran yang sedang ada di benak seseorang. Memahami gerakan mata dapat sangat menguntungkan, terutama bila anda sedang bermain poker atau sedang menjual sesuatu. Pemain poker professional biasanya dapat membaca mata orang lain dan banyak dari mereka menggunakan kacamata sebagai usaha untuk menyembunyikan kartu miliknya.

Seperti kebiasaan pada umumnya, mata anda bergerak dengan pola yang sama. Berikut adalah perinciannya.

Tatapan mata yang konsisten adalah pertanda bahwa seseorang sedang tertarik dengan pembicaraan. Memperpanjang kontak mata dapat berarti seseorang sedang mengintimidasi anda atau Ia sedang tidak mempercayai anda. Tatapan mata singkat menandakan seseorang tidak tertarik dengan pembicaraan. Sementara mengacuhkan kontak mata berarti seseorang sangat tidak tertarik dengan pembicaraan.

Mata melihat ke atas. Mata melihat keatas adalah sebuah bahasa yang seringkali menandakan penghinaan, sarkasme, kebosanan dan gangguan. Jika seseorang melemparkannya tatapan seperti ini kepada anda, ini bukanlah pertanda baik. Kadang kala seseorang melihat keatas saat mereka sedang mengarahkan diri kepada Tuhan, namun pada banyak kasus ini menandakan seorang sedang merendahkan anda.

Mata melihat ke atas kanan. Seseorang yang anda lihat sedang memandang keatas kanan (atas kiri dari sudut pandang orang pertama) sebenarnya sedang mengingat sebuah gambar. Tanyakan seseorang warna mobilnya atau mintalah ia untuk menggambarkan seseorang, maka ia akan melihat ke kanan atas.

Mata melihat ke atas kiri. Saat anda melihat mata seseorang sedang melihat ke atas kiri (atas kanan dari sudut pandang orang pertama) maka mereka sebenarnya sedang membangun sebuah gambar di benak mereka. Seseorang melihat ke atas kiri sedang menggunakan imajinasi mereka untuk menyatukan gambar-gambar menjadi satu di benak mereka. Mintalah seseorang untuk membayangkan rumah besar berwarna biru dipenuhi dengan kelereng dan mereka akan melihat ke atas kiri.

Mata melihat ke kanan. Saat seseorang melihat ke kanan (kiri untuk sudut pandang orang pertama) mereka sedang memanggil suara dari memori mereka. Mintalah seseorang untuk mengingat sebuah lagu atau suara alaram, maka mereka akan melihat kekanan.

Mata melihat ke kiri. Orang membangun suara saat mata mereka melihat kekiri (kanan untuk sudut pandang orang pertama). Saat seorang membayangkan suara baru yang belum pernah didengar, atau menggabungkan sebuah melodi matanya akan bergerak ke kiri. Mintalah seseorang untuk membayangkan suara klakson mobil didalam air dan mata mereka akan memandang ke kiri.

Mata melihat ke bawah kanan. Seseorang yang melihat kebawah kanan sedang memiliki percakapan internal di dalam kepalanya. Mereka sedang berbicara dengan diri mereka sendiri, pengucapkan sebuah pembicaraan atau memikirkan apa yang akan mereka katakan. Tanyakan bagaimana hasil pembicaraan terakhir mereka dan mereka akan melihat ke kanan bawah.

Mata melihat ke bawah kiri. Jika seseorang sedang melihat ke bawah kiri, mereka sedang membayangkan bagaimana perasaan nya terhadap suatu hal. Jika mereka terlihat senang, maka kemungkinan kesenangan yang mereka rasakan. Tanyakan seseorang apa yang mereka rasakan pada saat ulang tahunnya, maka mereka akan melihat ke bawah kiri sebelum menggambarkannya kepada anda.

Mata memandang ke bawah. Seseorang yang memandang kebawah sedang menunjukan bahwa mereka sedang bersikap patuh dan tidak nyaman. Orang biasanya akan melihat kebawah saat mereka malu dan tidak menginginkan sebuah pembicaraan. Menggerakan mata kebawah adalah sebuah tanda akan suatu hal yang memalukan. Pada sebagian kebudayaan Asia terdapat beberapa kebudayaan yang mengharuskan untuk melihat kebawah dan tidak membuat kontak mata saat berbicara dengan seseorang.

Beberapa orang memiliki pola kebalikan antara kanan dan kiri.

Pada sebagian besar masyarakat pola yang diikuti adalah pola dasar sama seperti sebagian besar masyarakat menulis dengan tangan kanan. Namun ada beberapa orang "kidal" dan pada beberapa orang tersebut kiri dan kanan menjadi terbalik. Jadi orang ini akan melihat ke atas kiri saat memanggil informasi visual dan kanan bawah saat memikirkan perasaan mereka.

Bagaimana mengetahui seseorang sedang berbohong?

Banyak informasi palsu tentang pergerakan mata. Jadi untuk memudahkan ikuti pedoman ini.

Berbicaralah pada seseorang, dan perhatikan gerakan mata mereka. Ini akan menjelaskan bagaimana gerakan kiri-kanan mereka bekerja. Ini akan menjadi pedoman untuk pertanyaan anda selanjutnya.

Pertanyaan sederhana juga baik untuk ditanyakan. "Warna apakah mobil anda?" biasanya gerakan mata mereka hampir selalu mengarah ke kanan atas. Sekarang kita memiliki pedoman untuk mengetahui apakah seseorang sedang berbohong.

Hal yang paling pasti untuk mengetahui seseorang berbohong adalah perilaku mata mereka berubah dari saat mereka mengatakan kebenaran.

Sebagai contoh teman anda melihat ke kanan saat mengatakan apa yang ia ingat dikelas dan terus melihat ke kanan saat menceritakan obrolan nya yang terakhir. Namun saat ia menceritakan tentang wanita seksi yang ia temui kemarin, matanya melihat ke kiri atas. Anda dapat mengetahui bahwa ia sedang berbohong tentang wanita tersebut.

Ada juga beberapa orang yang sudah terlatih untuk mempertahankan kontak mata saat mereka sedang berbohong. Mereka mempelajari hal ini karena tau bahwa banyak orang yang akan mempercayainya jika ia mempertahankan kontak mata.

Sebagai contoh, teman anda melihat ke kanan atas saat mengatakan sebuah fakta dan terus melihat ke kanan atas saat mengatakan tentang pekerjaannya. Coba tanyakan kepadanya berapa uang yang ia hasilkan, dan ia akan mengatakan jumlah yang besar dengan melihat mata anda. Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa ia sedang berbohong.

Sumber : http://www.kaskus.us/

1 komentar:

  1. hmmm ternyata kita dapat "melihat" banyak dari gerakan mata ya

    nice share

    BalasHapus